Rabu, 14 September 2011

PSIBO per I

Berorientasi ObyekYaitu  merupakan paradigma baru dalam rekayasa perangkat lunak yang memandang sistem sebagai kumpulan obyek-obyek diskrit yang saling berinteraksi satu sama lain.
Mengapa berorientasi obyek:

  • Sistem berorientasi objek dapat dengan mudah ditingkatkan darikecil untuk skala besar.
  • Sangat mudah untuk partisi pekerjaan dalam sebuah proyek yang berbasis pada objek.
  • Pemrograman berorientasi obyek menawarkan baru dan powerfulmodel untuk menulis perangkat lunak komputer.
  • Hal ini mengurangi biaya perawatan perangkat lunak dan berkembang.
  • Perubahan kebutuhan pengguna atau lambat perkembangan telahselalu pemrograman problem.Object-orientasi atau obyek utama berorientasi (OOP)harus membantu seseorang dalam mengembangkan perangkat lunak berkualitas tinggi dengan mudah.
Konsep Berorientasi obyek:
Abstraksi
Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari "pelaku" abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.

Pewarisan.
Sebuah class yang dapat mewariskan sifat-sifatnya ke classturunannya berupa attribut dan operasi

Pengkapsulan.
Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya. Setiap objek mengakses interface yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat berinteraksi dengannya. Objek lainnya tidak akan mengetahui dan tergantung kepada representasi dalam objek tersebut.

Pengiriman Pesan.
Obyek - obyek dalam system bekerja sama dengan cara mengirimkan pesan dari satu obyek ke obyek lain.
obyek interaction:
  • Squens diagram
  • Colaboration diagram
Polymorpysem
beberapa operasi/proses yg berbeda tapi namanya sama.
Tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin, bahasa orientasi objek dapat mengirim pesan; metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesa tersebut dikirim. Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan "gerak cepat", dia akan menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang sama, namun yang sesuai dengan kemampuan hewan tersebut. Ini disebut polimorfisme karena sebuah variabel tungal dalam program dapat memegang berbagai jenis objek yang berbeda selagi program berjalan, dan teks program yang sama dapat memanggil beberapa metode yang berbeda di saat yang berbeda dalam pemanggilan yang sama. Hal ini berlawanan denganbahasa fugsional yang mencapai polimorfisme melalui penggunaan fungsi kelas-pertama.

Asosiasi.
asosiasi yaitu hubungan yang mempunyai makna antara  sejumlah objek.asosiasi di gambarkan dengan sebuah garis penghubung diantara obyeknya.
contoh:
asosiasi antara objek mobil dengan seseorang.mobil dapat dimiliki oleh satu atau beberapa orang,sedangkan seses orang dapat mempunyai nol,satu atau banyak mobil asosiasi antara karyawan dengan unit-kerja.seorang karyawan bekerja di satu unit kerja.Sedangkan unit kerja dapat memiliki beberapa orang karyawan.

Agregasi.
Agregasi adalah bentuk khusus asosiasi yang menggambarkan seluruh bagian  pada satu objek merupakan bagian dari objek lain.
contoh:
kopling dan piston adalah bagian dari mesin.sedangkan messin,roda ,body adalah merupakan bagian dari sebuah mobil.
tanggal,bulan dan tahun adalah bagian dari tanggal lahir.sedangkan tanggal lahir,nama,jenis kelamin adalah bagian dari identitas seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar